Isi dan Makna Surat Al Kautsar

Surat Al-Kautsar merupakan satu di antara surat pendek di dalam mushaf Al-Qur’an. Di antara isi Al Quran yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayatBahkan saat salat, surat Al-Kautsar sering menjadi pilihan suratan yang dibaca. Surat ini terletak di urutan ke-108 di dalam Al-Qur’an. Tepatnya terletak di antara surat Al-Ma’un dan surat Al-Kafirun.

Surat Al Kautsar
Ilustrasi Al-Qur’an, Surat Al-Kautsar.

Meski suratnya pendek, namun maknanya dalam. Demikian menurut saat Profesor Muhammad Quraish Shihab selaku Pendiri Pusat Studi Al Quran dalam wawancara oleh putrinya sendiri, di kanal youtube Najwa Shihab.

Isi dan Makna Surat Al Kautsar

Ayat 1

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

Inna a’thoinaa kal kautsar

“Sesungguhnya Kami telah menganugerahkan kepadamu (Nabi Muhammad SAW) Al Kautsar (yakni kebajikan yang banyak, termasuk sungai di Surga yang dijanjikan Allah SWT.”

Arti ayat Surat Al Kautsar menurut Quraish Shihab ini adalah tentang anugerah kepada Rasulullah SAW beserta dampak buruk orang yang membenci Nabi Muhammad SAW. Selain itu, surat ini bertujuan mengajak umat Islam sangat menghormati Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya sebagai nabi, tetapi sebagai manusia.

Umat Non-muslim menghormati Nabi Muhammad SAW sebagai manusia. Oleh karena itu, sebagai umat muslim wajib memberikan penghormatan lebih besar yakni sebagai manusia dan sebagai nabi.

Surat ini menggambarkan kedudukan Nabi Muhammad SAW di sisi Allah SWT dan ancaman bagi mereka yang membencinya. Baik membenci ajaran maupun pribadinya.

Ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fasholli lirabbika wanhar

“Maka berdoalah demi Tuhan Pemeliharamu dan sembelihlah (binatang untuk engkau sedekahkan kepada yang membutuhkan).”

Quraish Shihab menyebutkan arti ayat Surat Al Kautsar kedua ini memberikan tuntunan kepada manusia jika memperoleh anak maka sembelilah binatang sebagai tanda syukur atau yang biasa disebut Aqiqah.

Ayat 3

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Innasyaa ni aka huwal abtar

“Sesungguhnya pembencimulah yang terputus dari keturunan dan kebajikan.”

Ayat ini menerangkan bagi siapapun yang membenci dan memusuhi Nabi tidak lagi dikenal keturunannya. Mereka terputus dari kebajikan.

Asbabun Nuzul surah ini yakni ketika Nabi Muhammad SAW dianugerahi putra tetapi meninggal dunia. Orang-orang menganggap keturunan Nabi berhenti saat itu karena yang melanjutkan keturunan itu laki-laki bagi mereka. Kemudian turunlah surat ini.

BACA JUGA:
Keutamaan Dari Shalat Tahajud
Bacaan Niat, dan Doa Setelah Salat Tahajud

Surat ini seakan menjadi jawaban bahwa keturunan Nabi Muhammad SAW itu juga termasuk perempuan. Sama halnya Nabi Isa AS yang tidak memiliki ayah, Nabi Isa AS adalah keturunan Maryam, seorang perempuan.

Itulah penjelasan tentang arti ayat Surat Al Kautsar oleh Quraish Shihab. Jika ingin mendengarkan lebih lengkap bisa mengunjungi video tersbut di tautan INI